Picture
Suatu ketika, Imam Hasan Al-Basri sedang duduk di dalam masjid bersama para shahabatnya.

Kemudian datang seorang laki-laki menghampiri Hasan Al-Basri dan bertanya. "Wahai Imam Hasan, hujan belum juga turun sehinggan tanaman di ladangku hampir mengering, apa yang harus aku lakukan?" keluh laki-laki tersebut. Hasan Al-Basri memberikan nashihat "perbanyaklah istighfar kepada Allah" dan orang itupun pergi.

Selang beberapa saat kemudian datang lagi seorang laki-laki dan mengadu tentang kemiskinannya yang para. Maka Hasan Al-Basri memberi nashihat "perbanyaklah beristighfar kepada Allah" dan orang itupun pergi.

Kemudian datang lagi oang yang lain yang mengadukan karena belum juga mempunyai keturunan. Maka Hasan Al-Basri memberi nashihat "Perbanyaklah beristighfar kepada Allah" kemudian orang itupun pergi.

Kemudian, datang lagi seorang dan mengadukan masalah, "Bumi tidak lagi menghasilkan hasil panen yang bagus" Sekali lagi Hasan Al-Bashri menasihatkan, "Perbanyaklah istighfar kepada Allah" dan orang itupun pergi.

Mendengar jawaban dari Imam Hasan Al-Basri dari beberapa pertanyaan yang berbeda itu, para shahabat beliau merasa heran dan bertanya
"Mengapa setiap kali ada orang yang datang kepadamu mengadukan masalahnya, engkau selalu menasihatkan agar memperbanyak istighfar kepada Allah?" Hasan Al-Bashri menjawab, "Tidakkah kalian membaca firman Allah dalam Surah Nuh ayat 10-12."

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا . وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا
"maka aku (Nuh a.s) katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.'" [Q.S Nuh: 10-12]

Dari kisah tersebut, bisa kita ambil ibroh, bahwasannya ketika Allah telah memberikan ampunanNya maka Allah akan membukakan pintu rizki dari segala penjuru. maka akan sangat mungkin rizki itu akan datang dengan mudah karena tidak adanya hambatan. Jadi selain istighfar sebagai penghapus dosa, juga sebagai salah satu kunci untuk melancarkan rizki. Tapi perlu kita ingat, tetap berikhtiar dan selalu berdoa dan bertawakkal kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Wallahu a'lam bishshowab.

Posted by : Mohammad Annas Al Hariri
 


Comments




Leave a Reply