Picture
Di era global ini, transaksi jual beli telah dimudahkan dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Saking mudahnya bahkan orang tanpa harus pergi ke toko bisa langsung memesan barang yang diinginkan. Akan tetapi, disamping kemudahan itu terdapat banyak sisi negatif yang sering kali dimanfaatkan oleh orang-orang yang menginginkan keuntungan tanpa mempedulikan sisi kerugian orang lain, sehingga orang yang seringkali tertipu dan dirugikan, apalagi orang yang masih awam.
Jual Beli Online
Seringkali orang ragu untuk melakukan transaksi atau jual beli secara online karena khawatir tertipu oleh orang yang menawarkan barang/produk melalui media online--baik website maupun social media--. Sehingga mereka lebih memilih untuk tidak melakukan transaksi secara online. Akan tetapi banyak sisi positif yang ditawarkan melalui transaksi jual beli online, diantaranya adalah :

  1. Mudah melakukan pemesanan dan transaksi--tanpa harus pergi ke toko--.
  2. Barang yang inginkan kita beli lebih mudah dicari, kita hanya tinggal menggunakan layanan search engine.
  3. memudahkan bagi penjual untuk mempromosikan produknya bahkan bisa dilihat oleh semua orang dari bagian bumi lainnya--internasional--.
  4. Dll.
Tips Aman Bertransaksi Online
Bila adalah seorang yang baru pertama kali melakukan transaksi jual beli secara online atau sudah pernah tapi masih merasa ragu dengan keamanannya, berikut ini tips-tips berdasarkan pengalaman penulis dalam melakukan transaksi online:


  1. Pastikan bahwa website yang menawarkan produk yang anda kunjungi jelas siapa pemiliknya, lokasinya dimana.
  2. Lihat testimoni dari pelanggan yang pernah bertransaksi dengan penjual. perhatikan ID dari tiap testimoni apakah ID palsu atau bukan
  3. Lihat informasi tentang transaksi yang pernah dilakukan dari penjual maupun pembeli (hanya jika ada). apakah jelas dan terpercaya. Jika tidak, segera hentikan transaksi.
  4. Lihat informasi payment/pembayaran apakah jelas atau tidak.
  5. Jika anda masih ragu, cari informasi baik melalui social media maupun bisa tanyakan kepada teman anda yang sering melakukan transaksi jual beli online.
Nah semoga dengan tips-tips transaksi jual beli secara online dari saya anda bisa melakukan transaksi secara online dengan aman dan nyaman, sedang produk yang anda inginkan bisa anda dapatkan sesuai harapan. Semoga bermanfaat... :D

Wassalam...


Posted by : Mohammad Annas Al Hariri

 


Comments




Leave a Reply